#MPASIzilla: Apple Soup

Once upon a time in Singapore, seorang gadis kecil (yang seumur hidup HB-nya nggak pernah normal) tiba-tiba punya HB normal! Waw! Kalah deh susu kuda liar dan makanan makanan menjijikkan yang dicekokin Mijn Moeder dan Bapak Gua selama ini.

Kok bisa HB normal? Tak lain tak bukan karena Ibu Kos di Singapur setiap hari mantengin harus MINUM SUP! DRINK UR SOUP FIRST AH!

Sup yang dibikin sang Ibu Kos adalah sup ala Chinese yang enak banget. Gurih dan enak. Cara makannya adalah diminum. Bahan lain nggak usah ditelen. Ayam-nya lah, barley-nya lah, longan-nya lah, biji anu, biji itu, jamur anu, jamur itu. Jadi, murni airnya aja karena menurut dese, semua itu direbus lama banget dan sari-sarinya udah ada di kuah sup. Makanya, diminum aja pake gelas.

Tiada hari tanpa soup.

Enak banget.

Pic from http://dailycookingquest.com/by-cuisine/chinese/chinese-chicken-herbal-soup

Sampai sekarang penasaran sama resep Chinese Herbs Soup itu. Yang jelas, gurih, manis, nggak amis.

Kemarin kita ada kawinan di Ritz. To my surprise, menghidangkan Chinese Herbs Soup! Pake Chinese Dates dan ayam. Enak deh. Lituhayu suka banget sampe minta nambah. Sementara Tumbe menatap jijik "Litu minum.. Wedang ronde?" Ih Umbi! Itu kan Gou Gi Zie!

Abis itu, semangat deh bikin Chinese Herbal Soup. Bahannya: Ayam 1 ekor, air 1 liter, jamur, go gi zie 1 sdm, garam secukupnya dan apel!

Kenapa apel? Soalnya harus cari yang manis sementara si longan susah ya nyarinya dan yang ada di kulkas apel. Tapi ada juga soup apel di negeri Cina ternyata. Hihihihi.

Caranya: Rebus semua jadi satu, sampai sarinya keluar.

Gimana rasanya? Litu sih suka dan minta lagi minta lagi dan minta lagi. Terutama si Gou Gi Zie yang dia bilang "Mau kacangnyaa.. Kaccaaaangg". Hihihi. Namanya juga Lituhayu. Kemaren ini makan Pear Compote di restoran. Dia lap lep lap lep makan terus. Tapi bilang ke mbaknya gini: "Pearnya nggak enak. Tapi nggak papah deh." Hahahah. My baby :*

Dan, to be frank, rasanya sih jauh dari good. Apalagi kalau dibandingkan sama sup si Auntie. Itu enak banget sih. Aneh aneh enak.

Now, kalau ada yang mau berbagi resep untuk Sup Herbal Cina, akan sangat senang dan bahagia hunting bahannya loh. Dan satu pertanyaan deh.. Waktu di Singapur itu ayamnya ayam broiler dan disini ayam kampung. Kenapa rebusan ayamku amis ya? Sementara disana enggak? Padahal kan broiler? No?

6 comments:

ilovetobeme said...

selama ini cuma jadi SR ajah.. baru berani comment setelah lihat mbak nita kemarinnya di resepsi di bidakara :D

oh iya kalau untuk chinese herbal soup gitu bukannya biasa pakai jahe ya jadi ngga amis? *malah balik nanya* hahaha

salam kenal ya, mbak nita :)

Nita said...

Waah coba panggil aku hihihi.. nah iya, coba pake jahe tp rasanya kok jadi beda ya? kayanya di kaldunya beda deh. apa diblansir dulu ya harusnya?

salam kenal!

Kumala said...

another SR yang akhirnya kasih komen ;)

kok dirimu bisa doyan sup ayam obat gitu ya Mba? gw dr kecil kalo liat ini ada di meja uda kabur duluan. haha.

ke toko rejeki yang di kota ada jua banyak tuh campuran biji2an buat sup ayam obat gini. (atau di toko obat cina yang persis di sebelah toko rejeki hayam wuruk itu) yg merah2 disebut kice (ga tau spellingnya), yg panjang2 item kaya cacing, sama kaya kurma yg merah kering, direbus jadi satu aja pake api kecil. Ga pake jahe, ga pake bawang2an juga. pake ayam kampung yg sudah dicuci bersih banget, kalo mau lebih sehat pake panci yang dr tanah liat, (ato masak di slow cooker) .

Nita said...

@Kumala: asiiik komen doong :DD

eh tapi kok bukan sop ayam obat ya rasanya? kalo si sop obat itu kan ada arak-arak dan rasanya aneh banget gitu bukan? kalo ini kok enak? kemaren dikasih ciapo pas lahiran selalu nggak abis hihihi. ah coba deh beli bahan yang beneran di toko rejeki. makasih yaaaaa

Hendrik Tjung said...

Biar ngak amis, ayamnya bisa dibaluri/digosok dengan garam dan direbus sebentar dengan air mendidih selama 5 menit. Setelah itu buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru.

Hendrik Tjung said...

Biar ngak amis, ayamnya bisa dibaluri/digosok dengan garam dan direbus sebentar dengan air mendidih selama 5 menit. Setelah itu buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects