Mengapa Saya Boros by Tumbelina

17 Agustus 2007

Mengapa saya boros? salah satu pertanyaan yg sering gua lontarkan ke diri gua sendiri...dan juga ke orang laen. Kayanya buat gua tuh susah bgt untuk berhemat dan menabung..gak kaya ade2 gua...mereka terkenal hemat di keluarga gua...dan gua terkenal sebagai tukang boros..hehe.

Bayangin aja...ade gua yg kedua...waktu dia sekolah di texas...dia tuh bisa..setiap hari cuman beli double cheese mcdi yg notabene harganya 1 dolar us each dan dia beli 2 biji saja untuk makannya. Dan dia bisa konsisten...setiap hari cmn ngeluarin maks 4 dolar untuk makan dengan jalan membeli fast food2 murah. Bayangin ampir tiap hari dia kaya gt! Luar biasa kan?

Gua jangan ditanya...gua jg udah nyoba hidup kaya gitu...gua cmn beli burger mcdi tiap hari...seminggu masih ok...2 minggu masih ok...3 minggu mulai eneg...dan abis sebulan akhirnya malah gua yg gak tahan...gua lsg menggila...gua gak mao lg liat yg namanya burger mcdi..hehe. Jadilah program hemat gau gagal.

Ade gua yang paling kecil beda lg...dia bisa tahan berminggu2...wiken termasuk...gak keluar rumah...jadi kerjaannya cmn maen game sama nonton di kamer aja. Hebat kan? Gimana dia gak hemat...hehe. Gua gak bakal bisa kaya gitu...di samping gua jg gak segitu game freak.

Sebenernya kalo mo hemat...gampang sih..planning dan disiplin atas plan kita. Lagi2 disiplin. Untuk urusan planning kayanya gua sih gak ada masalah..planning gua kayanya gak kalah ama orang2 laen dan ade2 gua..cuman untuk masalah eksekusi nah itu dia problemnya.

Contohnya...misalnya gua udah netapin sebulan tuh tagihan HP cmn boleh maksimal 200 ribu..cuman dalam kenyataannya...gua terlalu males untuk mengontrol pemakaian gua. Gua males untuk ngecek2 pulsa.."udah berapa yah nih?"..."ah masih dikit kayanya nih...hantem aja". Dan akhir bulan ketika bill dateng...dengg denggg...gua lsg stres sendiri..hehe...ngeliat tagihan membludak...lalu abis itu langsung dimulai penyesalan...trus abis itu mulai lah tekad2 baru. "Gua beneran nih bulan depan gak bakal kaya gini, etc" Tapi sebagian besar masih terjadi aja keborosan...hehe.

Gua bukannya gak nyoba alternatif2 untuk menurunkan pemakaian...udah banyak...mulai dari beli cdma...sampe bela2in gak pake kartu kredit...cmn akhir2nya pasti ada aja yg bolong.

Gua juga udah sempet analisa pengeluaran2 gua...dan hasil penelitian menunjukan bahwa pengeluaran terbesar gua adalah untuk makan! yup...makan...kayanya gak penting yah...cmn makan doang...masalahnya dr dulu gua jg dianugerahi selera makan yang besar sih...gak tau kenapa...kayanya kl soal makan pasti rakus...maonya nambah dan berlebihan...gak heran kl berat badan gua beberapa taun terakhir lsg naek mulu.

Yang kedua paling banyak biasanya tagihan HP...walaupun ada beberapa masa dimana gua bisa neken pengeluaran HP gua. Yang ketiga yaitu bensin...dan terakhir tol. Dari analisa2 di atas..sebenernya kl diliat..agak menyedihkan jg kan...uang dipake2 cmn buat makan dan telfon.

Makanya itu gua lagi2 mencanangkan disiplin diri untuk berhemat. Gua yakin gua bisa..dan gua yakin semua orang yg ngalamin masalah yg sama pasti bisa. Mungkin yang bisa jadi katalis adalah jika kita mempunyai goal ato tujuan yang ini kita capai. Misalnya kaya gua...tujuan gua simpel aja sih...pengen beli rumah sama kalo bisa jg nabung untuk kawin nanti...yah walaupun simple...cmn pengorbanan yg harus dilakuin udah pasti gak gampang. Cuman kalo kita punya tujuan yg mao kita raih at least kita jadi lebih terpacu untuk melakukan hal2 untuk menuju kesana. Dan oh ya..gak bakal rugi juga kl kita punya orang yg trus ngingetin kita sama crewet2 dikit dalam hal ini yaitu berhemat. Seperti gua punya si gadis kecil...yg setia memotivasi gua..:)hehe. Selamat menabung!


--------
Tulisan Tumbe di blog doi waktu masih lucu-lucunya. He's a truly white rabbit alias kelintji putih yah...

Oh nothing is edited. I swear. Mmm except for the bold font. Hehehe.

Little Tumbe

2 comments:

ciks n riciks said...

booooo... blog yg super duper exciting nya kok berenti? gak pernah di update lagi ?

tips buat tumbe, kalo mo hemat jgn ngajak karokean mulu hahahahhaha

Nita said...

hihihihi. iya tuh brenti blognya. emang karaoke selain dingin jg borossss hihi

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects