Pil KB

Setelah jiper pasang spiral di kursi Obgyn, kita ke profesor hormon di Brawijaya. Intinya sih:

  1. Udah deh, kalo mau punya anak lagi cepetan deh. Ur not young anymore. Batas terakhir 33 tahun selain masalah fisik juga masalah menikmati hidup. Masak mau lahiran melulu bererot? Apa? Mau nggak nambah anak lagi? Coba dipikirin dulu deh ya baik-baik.. Masih ada waktu.
  2. Apa??!? Pake konde? Itu persentase kegagalannya tinggi loh! Kalau memang mau punya anak lagi silahkan, tapi melalui pemikiran yang matang. Jangan karena kecolongan.
  3. Takut pake pil atau KB hormonal lain karena takut kanker? Belum ada bukti (katanya) yang menunjukkan kaitan kb hormonal dengan kanker. Belum diketahui kok kanker penyebabnya apa. Yang penting tiap tahun papsmear dan mammogram aja.
  4. Jadi, cobain deh ya.. Pil KB dulu.
Jadi deh, nyobain Pil KB yang aman untuk ibu menyusui.

Hingga 7 hari berselang.. Minum Pil KB tepat jam 10.30 pm tiap harinya...


Awalnya nggak notice, tapi cranky-nya parah! Judesnya gilak! Kalo lagi ngejoke terus temen nggak nangkep esensi joke-nya langsung diklarifikasi dan dijelasin. Idih... Nyebelin amat!

Nelfon pembetes di rumah nih ya:

Me: Gimana Mbak, kabarnya?
Ipeh: Hahaha.. Ya gitu Bu. Kabarnya baik-baik aja.
Me: Terus, Mbak Itu gimana?
Ipeh: Ya gitu Bu.
Me: GITU GIMANA? TOLONG DOOONGGG.. BOLEH SAYA DIKASIH LAPORAN DOOONGGG!! MAKANNYA GIMANA. MAKAN APA AJA. DIEMUT APA NGGAK. SEKARANG LAGI NGAPAIN!

Dalem hati: lo pikir gue nelpon mau ngobrol apah. Hih!

Lagi nerobos 3 in 1 sewot sama mobil sebelah. Klakson, gas, klakson, gas. Lupa mak, ada polisi. Untung nggak ditilang karena nerobos. Bisa malu kan, ngajak berantem tapi ditilang plokis?

Dan hal-hal kecil lainnya. Yeah, me being menyebalkan dan sangat tidak easy going. Me, being a monster!

Padahal, sebelumnya mau mens ataupun hamil ataupun lahiran nggak pernah ada tuh namanya emosi naik turun. Lempeng aja hidupku. Biasa-biasa aja. Apalagi bertindak rude dan kasar di jalanan. Never in my life.

Kemarin titik tertingginya. Asli deh. Wuh! Asep semua di kepala. Sampe pas meeting dikipasin sama bos. Hahahahah. Asli dikipasin sambil dibilangin: "Sabar.. Sabar.. Jangan panas dong. Masak gitu aja marah." Hahahahha. Padahal cuma lagi ngetik dan ngemeng-ngemeng doang. Apa nggak sengaja ya? :p

Dan yang paling gawat adalah, di mobil nyetir sendirian. Serba salah. Ac kedinginan, bete. DINGIN BANGET SIH LO?? Matiin ac, bete. PENGAP BANGET GILAK! Musik di radio, BERISIK BANGET SIIIIHHH? Matiin radio, SEPI BANGET BUSET! Oh, kasian sekali barang-barang di mobilku. Kena imbas semua hihih.

Sebelum pulang, mampir belanja MPASI dulu di Hero deket rumah. Kondisinya: emosi ada di ubun-ubun. Asli, senggol semprot banget deh. Buas banget!

Begitu masuk, kan suka ada lagu-lagu supermarket tuh (yang harusnya dan biasanya menenangkan yah biar enjoy belanjanya). This time, GANGGU BANGET SIH LAGUNYA IIIIIHHH!!!!! Udah gitu, pas lagi milih roti, mbak-mbak sebelah pake parfum yang sumpah deh.. GANGGU BANGET BAUNYA! Sampe di kasir, jutek gila. Nyuruh mas-masnya mindahin belanjaan: "BISA TOLONG DIANGKATIN NGGAK?" dengan tatapan seribu belati. Yailah, isinya cuman kabocha doang sama daging n brokoli deh. Gils. Gils.

Udah, sampe rumah langsung masuk kamar. Bilang sama Eyang Koes. "Mah, aku nggak mau minum pil KB lagi. Ini di kepala udah siap meledak marah-marah. Aku tidur aja ya daripada nanti kita berantem" Hihihihi.

Tumbe mana Tumbe, lagi di Singapur dia untungnya. Jadi nggak terjadi prahara rumah tangga. Tapi kemaren balik. Terus di whatsapp sambil ketawa-ketawa bilang: "Gapapa Gic, omelin aja semua orang. Keluarin semua ya. Jadi pas aku balik nggak marah-marah. Hihihi" Enak aja luh!

Tumbe dateng jam 11 malem, dan doi nemenin makan di bawah. Ngobrol sambil ngatur emosi. Janganmarahjanganmarahjanganmarah. Tapi Tumbe memutuskan untuk menjadi.. Budek! Ya ampunnnnnnn.. KOK GITU AJA NGGAK DENGER SIH??? KENAPA BUDEK AMAT! Tumbe langsung mengkeret dan bilang "Gic, ini aku masih budek nih turun dari pesawat" Yahahahah alasan.

Jadi, udah ya Pil KB.. Daripada aku tak berteman dan dimusuhin sedunia, kita putus aja ya. Okay bhay!

Bulan depan, nyoba pasang spiral lagi. Wuhhh.. Susye ye jadi perempuan.

Oh, ini boleh nih dibaca:
http://www.netdoctor.co.uk/interactive/discussion/Is-Cerazette-causing-my-mood-swingsdepression-t57238-f14.html
http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2051085/How-contraceptive-pill-messes-womens-minds-Rage-despair-low-sex-drive-.html

To Tumbe: Oh, now you better believe me. Ada loh, yang namanya hormon dan mood swing. Sumpah, ada banget. So you better not taking me for granted. Kalo macem-macem, aku minum lagi nih Pil KB-nya. Aku serius!!

Kalau ada rekomendasi pasang spiral yang nggak sakit, mau dooong.. Nggak akan kusembur api kook..

17 comments:

yunipattina said...

Mba, emang pasang spiral sakit yaah? kok pas kemaren aku pasang sama sekali ga sakit deh.
sampe pas baru selesai dipasang terus dokternya bilang "udah bu" aku lgsg jawab: "iihh gitu doank.." hahahaa... *jumawa*

Ochie said...

Jangan sembur akuuu ya mb nita.. Hihi..
Ya ampun gitu ya mb nita klo pake pil kb.. Aku pake spiral loh mb udah 2 tahunan, so far so good mb.. Pasangnya malahan pas 40hari selesai nifas dan abis lahiran normal.. But surprisingly ga sakit sama sekali loh.. Aku awalnya mengkeret tp ga kerasa tau2 udh beres aja.. Aku dulu Pasang di dr. Nana Agustina spog di rsia bunda menteng.. Dokternya cantik dan baik hati.. Hope it helps ya mb.. Good luck!

Hariskayradit said...

waduh.. aku sm kaya dirimu mbak. nikah nov.2009 skrg anak 2. bedanya 1.5 thn. tdnya swaktu msh nyusuin, aku KB suntik 3bln. yg ada aku sering kleyengan aja.. tp mood anteng terooos.. nah bln kmrn ga nyusuin, aku ganti suntik 1bln krn kpingin ngerasain mens *oh aku lupa lg rasanya mens gmn sangking hamil molo* haha..
tp yg aku rasain di suntik 1bln ini, aku sensi bgt. jutek sejutek juteknya deh.. huaaa.. apa aku spiral juga aja yaa... aku tunggu crita mba dulu deh XD

Ochie said...

dr nana agustina spog praktek di BWCH jg koq mb.. :)

Damay said...

hi mbak.. aku udah lama baca blog mu tapi jadi SR blog mu..
aku pasang spiral di dokter forry rmh sakit graha kedoya..
ngga pake sakit malah ngga kerasa tau2 udah kepasang aja... hehehhe =)

ndutyke said...

muhahahaha mamicicuuu!

duh aku keceplosan ngakak padahal lagi tinggal dirumah orang, inihhh.... akhirnya aku ketawa tanpa suara sambil pegangan bufet kecil. bufetnya sampe tremor kegandolan aku :))))))

*baek-baek roboh ni bufet*

Nita said...

@Yunipattina: dimana ituuu.. asli, aku spiralnya sampe mental dan dokternya angkat tangan hahah. Nggak discharge lagi :p

@Ochie: Mungkin karena lahiran normal jadi lebih santai ya pas dimasukkin. Akuhh.. Masih perawan sama benda2 asing seperti tang dan stick dingin. Hiksss... Mau mau, cobain ah ke BWCH. Makasih yaa

@Hariskayradit: hihihi iya kita kok hamil molo ya? :)) duluan giiih spiralll nanti cerita :D

@Damay: Haii.. aduh asik banget sih tau2 udah kepasang aja. Hiks.. Doakan aku bulan depan ya :D

@Ndutyke:kamuuuuuuu.... aku jadi Hulk kecil iniiih hihihi


@

risti said...

aku sama dokter fitriyadi rspi bias bias kasih kok pus. cukup membuat malas sih, karna pas lagi mens kan... kaya agak "major ewh" gitu, tapi yaudahlah... dokternya udah biasa kaliya, gue aja yang kagok.
cuma abis masang bagian paha atas puegelll bangettt, besoknya udah engga sih, ngga berasa apa apa. cuma mens jadi lama aja, terus siklus nya jadi cepet. tapi aku tetep judes kok, apa udah bawaan ya?

Ednasari said...

mbak nitaaaa.. tenang ajaaah..
aku pun lahiran sesar.. pasang spiral juga.. namuuunn nasibku yang malang pasang spiral dewekan suami dinas luar kota dan gunting si dokter agak sedikit tumpul jadinya yaaa lama deh di otakatik nyeh..

"duh sus.. ini gimana sih guntingnya kok gak bisa gini blablabla.."
"saya cari gantinya dulu ya dok.."
MARI LHO SUS!
"kasian kan ibunya.. sakit jadinya.."
HMHM MAYAN DOK
"dok gak ada dok guntingnya.. cuma itu.."
WHAT!?!
diotakatik ahirnya selang beberapa menit kemudian terpasang deh..

sakit dikit kok mbak.. beneran.. kalo inget nafas pas latian senam hamil.. mayan berguna buat nahan sakitnya.. tapi tenang ajuaaah.. yang pemting seret suami jadi ada yang bisa digremet..
SEMANGUT!

jane said...

Hahaha.. Baru tau kalo pil KB bisa segitunya ngefek ke moodswing. Makin mantep deh ga pake kontrasepsi hormonal. Bisa makin kasian si suami :D
Salam kenal mbak.. Anak2ku kurang lebih seumuran sama Litu & Amara. Anak kedua hmmm hasil dari konde jebol :p Dan sampe sekarang dia udah hampir 10 bulan, aku masih maju mundur mau pasang spiral. Cemeeen...
Mari kita kumpulkan keberanian!
*gandeng Mbak Nita

Bunda 'Aqila said...

Salam kenal mbak...

Saya pasang spiral tepat setelah mens pertama sesudah masa nifas,pasangnya di bidan bukan ke dosg karena nyari dokter cewek nggak nemu waktu itu. Hehe malu kalo harus buka2an padahal lg nggak sakit, padahal pas ngelahirin sih sesar dan buka2an juga sama dosg cowok (tua) :-).

Sebelumnya saya konsultasi disarankan untuk pasang spiral sehari setelah mens berakhir, dan beneran waktu itu saya setelah mens langsung pasang. Cuma 10-15 menit beres kok dan ngaak sakit, cuman ada clekit2 dikit pas lagi diobok-obok (apeulaahh...) Malah pas bidannya bilang "udah mbak selesai" saya kaget..kirain baru siap2 ternyata udah selesai.

Tapi ya itu seminggu setelahnya kadang masih keluar flek2 darah gitu, dan katanya itu sih wajar. Sebulan berikutnya kontrol lagi, trus selanjutnya 3 bulan trus selanjutnya lagi per 1 tahun. Sekarang ini anak saya sdh umur 3,5 tahun dan nggak ada masalah apa2 dengan si spiral. Hanya kalo mens darahnya jadi buanyak..selebihnya nggak ada masalah.

Semoga sukses pasang spiralnya mbak :-)

Nita said...

@risti: kita kan sejenis ya yudesnya. Kalo minum pil bisa bak buto ijo Tiii. Aslii.. Iya nih, aku mau coba spiral buldep. huiks.

@Ednasari: HAHHHH!!! KAMU PERKASA!!! Kok keren banget sih? Aku waktu itu udah masuk tapi mental karena kukempit-kempit. Rasanya tuh tang sampe masuk kerongkongan deeeeeeeh huhuhu. Lebheyyy

@jane: Huaaa tuh ya konde bisa jebol ya. Seyem ya. Ayo kita berpelukan dulu.

@Bunda Aqila: 10-15 menit terpanjang nggak sih tuh. hihihi. Iya nih, makasih yaaa.. insya Allah buldep mulai berani :)

Yustine Pramudhito said...

hahahaha.. mirip-mirip nih

akuh justru pas pake pil menyusui baik-baik saja, pas kelar menyusui ganti pil beneran membuas begitu, galak, judes, mens berantakan padahal kan udah diatur. pil-pun tampaknya beda-beda deh hormonnya, cocok-cocokkan.

sekarang off dulu deh.. pake kalender aja, moga2 ga kebobolan gyahahaha

Anonymous said...

Aq juga sesaarr.Dan baru masang 3 bulan setelah lahiran. Pasangnya pun pas lagi gak mens. Deg2an siih tp ternyata dr. Tofan (ini ceweq yaa) jempolan banget masangnya.
Abis dipasang semaleman mules sih kayak mo haid gitu. Dapet obat anti nyeri sih, tp gak diminum soalnya masih tolerable sakitnya.
Cek 2mgg kemudian,trus 1 bln kemudian. Abis itu baru 1th kemudian,pas lagi haid hari ke5, jadi dah gak ngucur2 gitu deeh. Walau gak sakit tp dah males periksa2 dalem utk ketiga kalinya jd sekalian aja dicabut. Jadi spiral itu cmn bertahan 1th.Dan pasrah kalo memang ternyata 'menang undian' lagi.
Oyaa pas masang suami disuruh sm si dokter buat berdiri pas di sebelah si dokter.Disuruh liat baik2 prosesi pemasangan spiral. Malesin yaaaaa. Tp katanya biar suami tau kalo spiral gak bakal menghambat hubungan suami istri. Tapi pas cabut sih si suami dah kapok, gak mau liat.
Intinya sih walau badan tegang, tapi bagian bawah harus lemasdan rileks. hahahahaha

RikaWardhani said...

aduhhh kesian yakk AC sama radio di mobil *pukpuk*

Wanita perkasa pasti berani lahhh lawan "tang, gunting" beserta lampiran2nya tersebut.. *ngasi semangat*

Aku dulu jg cemen dagdigdug gak jelas..padahal uda 2x lairan normal..cuma kl lairan kan yaa emang sakit pann jadi pasrahh lahh mau "dijejelin" tang gunting dan sebangsanya...kalo pasang spiral kan dalam artian "menyerahkan diri" dalam keadaan segerr bugerr..

Tapiii krn aku sungguh takut dan parno hamil lagii...krn dengan suksesnya kebobolan, jadi anak1 dan anak2 cm beda 14bln...akhirnya dengan jumawa ke dokter Fitriyadi di RSPI...sama sus nya suruh dateng pas mens...alhasil pas ngocor2 banjir aku kesana sendirian pulak...Hamdalah ga se-serem yg aku bayangkan...

Cuma 10menit, DONE!! tipsnya cobak pas mulai duduk di "kursi panas" jgn mikir mau dipasang spiral, disambi maen game or otak atik henpon..jgn liat k muka pak dokter, apalagi k tang n gunting2nya itu hehehe...gak sakit kok ciyuss..cuman agak kerasa gak nyaman dikit...

10menit terpanjang tp setelahnya kita bs tenanggg,bs salto sm kayang #ehh ga perlu berkonde..dan ga perlu maki2 AC, radio bahkan mas2 tak berdosa di supermarket hihihi...

ditunggu cerita keberanian nya buldep yaaa.....pasti bisa!!!

Dindal said...

Hi mbak nita...aku pake spiral yg pertama dulu agak sakit..ngilu2 sedep gitu deeeh...
Dan spiralnya jebol sebelum masa kadaluarsanya abis.. Alhasil ik hamil aja loooh..untung anak ke dua ku baik hati..hahahaha
Jadilah anak ke dua ganti dokter..
Ke dr.achmad mediana..
Pasang spiral sama dr.achmad ga sakit sama sekali...
Dan kalo boleh saran memang baiknya tiap 6bln sekali cek spiral lewat usg transvaginal aja..biar keliatan jelas itu spiral posisinya masih bagus atau gak..daripada kebobolan kayak ik kaaan..hihihi

Ninta said...

Mba Nita,
Kalo KB suntik aja? Hormonal juga sih tapi di aku ga ada efek apa2 sih lempeng aja kayak biasa. Kali aja mau coba dulu sebelom pasang spiral hihi, tp efeknya 3bulan lama juga yaa kalo sampe cranky.
Aku soalnya juga jipeeeeer mau nyepiraaal hehehe

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects