Lactose Intolerance

Lituhayu begitu mulai minum susu UHT/Pasteurized Milk keliatannya oke oke aja. Suka dan nggak rewel. Tapi, pupinya yang biasanya 2-3 kali sehari jadi 4-5 kali sehari. Pas setelah habis minum susu. Diaper area juga merah merah. Kalo kata eyangnya "Nggak cocok susunya, musti dicari yang cocok"



Kemarin konsultasi ke Bu Dokter.

Ternyata, merah-merah di area diapernya bukan penunjuk alergi ataupun lactose intolerance. Pure diaper rash. Karena, biasanya lactose intolerance atau alergi itu  merah-merahnya sebadan dan bulet-bulet. Tapi, penunjuk lactose intolerance yang sebenarnya adalah pupinya yang 5-6 kali itu.

Ternyata ada untungnya juga loh masih menerapkan 4 days rule walau anak sudah lepas MPASI 1 tahun. Coba kalo nggak, nggak ketauan kan Lituhayu ternyata lactose intolerant . Makanya nggak sedikit juga yang tau anaknya lactose intolerant ketika anaknya udah agak gede atau bahkan tau kalo dirinya lactose intolerant ketika udah dewasa. Kasian kan, habit minum susu-nya harus dikurangin padahal udah kebiasaan? Belum lagi jadi selama ini sebenernya tubuhnya nggak bisa mencerna keping-keping gula susu itu?

Anyway, ini penjelasan Bu Dokter.. Siapa tau berguna :)

Q: Dok, jadi sebaiknya gimana?
A: Kita coba lagi. Dua minggu dari sekarang, tunggu sampai bersih dulu rash-nya baru dikasih UHT sedikit dulu. Itu kalau masih mau susu tambahan. Kalau nggak juga nggak papah kok. Kan kalsium bukan cuma dari susu.
Q: Oh gitu dok? Dari mana aja?
A: Produk turunannya. Yoghurt, keju, dan sayur hijau.
Q: Berapa banyak?
A: Dengan asumsi ASIP siang dan ASI langsung malam hari bisa 250ml ASI. Jadi kejar sisanya 250ml dari produk turunan. 1x yoghurt, 1x keju.
Q: Dok, tapi ASIP siang saya kayanya cuman 30ml deh. Kan kata dr. Azen cuma boleh pompa sekali.
A: Kalo gitu, keju-nya 2x deh.
Q: Kalo susu formula dok? Kata eyangnya suruh cari yang cocok aja.
A: *senyum* Susu Formula itu yang paling nggak recommended. Mendingan nggak pake susu sama sekali. Pertama, susu formula itu tidak steril. Kedua, susu formula itu dari susu sapi yang dikeringkan dalam proses yang lama dan dikeringkan. Itu kandungan di susu-nya sudah berkurang. Makanya ditambahkan zat-zat lain yang sifatnya kimiawi.
Q: Ooo.. Masalahnya, anaknya kalo mau tidur cranky deh dok, nggak ada susu.
A: *senyum* Jus ajah.
Q: Jus apa Dok?
A: Apa aja, ganti2.
Q: Kalo jus buah yang mengandung kalsium apa Dok?
A: Dulu sih sempet ada yang fortified with calcium. Tapi sekarang disini nggak ada. Lagipula, kembali lagi jadinya nggak alami. Mending jus buatan sendiri aja.
Q: Nggak takut teeth decay ya Dok? Minum jus gitu?
A: Asal bikin sendiri dan bukan untuk malam nggak papah kok.
Q: Ooo gitu.. Kalo benefit susu yang lain gimana kalo nggak ada/nggak ditambah?
A: Ya, dari makanan :)

That's my doctor! Yang rekomendasi selai kacang dan paham bedanya canola, olive dan flax seed oil. Yang bangga dan senyum simpul ketika kita baru masuk dan nyerocos "Doookk.. Sembuh kemaren demam dan batuknya. Akhirnya bisa RUM juga!" Hahaha. Walau di saat ngomong itu agak jleb karena doi cuma senyum doang, tapi aku sayang padamu.

Produk Lactose Free sebenernya banyak. Apalagi susu formula Lacto Free. Tapi, rasanya menurut Bu Dokter belum tentu Litu suka. Karena Litu udah pinter dan udah tau rasa enak. Terus pertimbangan formula di atas juga perlu dipertimbangkan.

Kapan itu liat UHT Lactose Free di Kemchik. Ukuran UHT Ultra yang gede gitu deh.. Harganya 120rb ajeh. Tapi yah, kalau itu yang terbaik.. Apa boleh buat. Nanti setelah 2 minggu di tes gagal, dicobain dulu deh si mahal. Toh Lituhayu has been very generous nggak menyebabkan me and Tumbe ngeluarin uang banyak untuk Susu Formula :D

On Lactose Intolerance, ternyata genetik yah. Emang sih Eyang Koes nggak suka susu dan bilang kalo minum susu perutnya nggak enak. Terus, the legendary story yang menjodohkan kami bertiga (Pakde Ninot, Bude Ninit dan Mimi Nita) dengan Prof. DR. Moeslich*n adalah ketika mini Pakde Ninot diare sampe 26x (?) dan susunya suruh diganti yang lactose free.

Nah. Masuk akal semua jadinya.

Kalau ada saran-saran untuk masalah ini mau yaaa ibu-ibu :)

*keluarin Philips Hand Blender*

10 comments:

sushiaddicts said...

Hai Nita, anak gw (20mos) juga Lactose Intolerance, ketahuan pas gw sakit krn akibat tongue tied, gw sdh gak sanggup nyusu lsg, dikasih sufor, eh baru berapa menit muntah semua. untungnya tongue tied terselesaikan, tp pas gw cacar krn ASI menurun terpaksa gw kasih sufor dg AH itu (katanya anti-hipoalergic). smp setahun lebih tambal sulam ASI dan susu AH, baru gw coba UHT. so far sie susu AH gak dimuntahin. memang sie sebelum setahun dicoba sedikit2x keju, pas UHT gak dimuntahin lagi, gak diare juga jadi beralih ke UHT. Kata dokter gw CMIIW kecuali ASI, susu tambahan setelah 1tahun tidak sebanyak sebelumnya, jadi sama kayak dokter Nita, disubsitusi dech menu anak gw dg sayur mayur dan yoghurt keju. Btw meski si UHT gak dimuntahin (gw kira sdh aman) tp skrg gw perhatiin anak gw suka bentol2x, gw kira dari gurame salmon udang, tp kok pas gak makan itu dan dia capek suka keluar juga. pas baca post Nita, jangan2x lactose intolerance skrg gak bentuk muntah/diare malah bentol ya. kyknya mau beralih ke jus buah juga nie buat di dotnya. Tp gw suka solusi para dokter ini, kalsiumnya bisa dikejar dgn makanan. Meski sempat neneknya protes sie, takut mielin otaknya gak berkembang dsb (kemakan iklan :P). Alhamdulillah krn pernah baca buku 7 pelangi makanan mgn gizi makanan, jadi gak terlalu worry ttg gizi anak, anak2x skrg sehat2x dan lincah2x. maaf ya kepanjangan. btw again, salam kenal ya, lo Nita angkatan 2000 ya dr FH, gw 97 :).

Yustine Pramudhito said...

Hi Hi..
Tara (27mos) udah berkali2 dapet pertanda alam udah cukup lama. Ibunya aja ndablek. Selama bbrp bln sekali Tara suka muntah2 atau diare yg mana kalo ke dokter cuma disuruh kurangin susu. Sejak stop asi di 18 blnan, Tara ditambah UHT. Nah sejak diare dan muntah itu UHT dicampur air (pelit amat ya..).

Bulan lalu puncaknya, hampir 2 minggu diare. ke dokter lagi, disuruh bener-bener stop! Hauhauhau...

Akhirnya sampe skrg stop susu sama sekali dan makannya buanyaaaak. Kadang2 aja minum homemade susu kedelai bikinan ibu tetangga :)

Ohya, ngedotnya jadi cuma pake air aja hihihi.. pe-er nih stop dot

yanda said...

Mbak Nita, salam kenaalll.. menjawab kegelisahan si ibu asi mulai tiris ini nih.. hehehe..
Mbak, kalau dia lactose intolerance, kalau makan produk turunan susu susu juga, ga masalah ya buat alerginya?

Nita said...

@sushiaddicts: Mbak Tias yaaa?? Apa kabar Mbak? Aku mah sering liat di kafe dulu :DD

Eh, masalah susu mah emang permasalahan terbesar kayanya dari para nenek . Walau udah dijelasin panjang lebar juga kayanya nggak rela gituh huhuu.

Kubersandar pada bu dokter deh mbak pokoknya :D

@Yustine: Eh tapi aku jg dapet saran dari temen utk pertama ngenalin UHT dicampur air juga sih.. Bakal ngaruh nggak ya?

Deg2an yaa setop susu ini. Takut salah juga sebenernya :(

@Yanda: Salam kenal jugaa! Tosss! Kayanya tergantung kadarnya deh. Kemaren kayanya dokternya Litu bilang "Bukan alergi karena keju, yoghurt dan turunan susu nggak ada masalah. Sepertinya intoleransi." Dicobain aja dulu kali ya? :D

Wichi said...

raka (14m) jg lactose intolerant, seperti emaknya(pdhl gw anak sufor haha). dia suspect alergi dari usia 1m, gw langsung stop makan dairy, telur, kacang2an n seafood. baru kasih dia UHT pas dia 1thn dan ketauan dia pup agak cair dan suka kent*t2 klo kebanyakan UHT dan telur (persiis kaya emakny).

jd gw kasihnya sekali2 aja, ga distop total juga sih. biasany kasihnya klo dia pergi keluar tanpa gw. krn kata DSA dia, klo intolerance artinya gejala timbul klo kebanyakan terpapar zatnya, beda sm alergi yg kena dikit langsung ada reaksi. jd ga harus dihindari total, hanya jangan dikonsumsi terlalu sering aja supaya ga timbul gejala.

jadi mungkin bisa diselang-seling gitu kali ya, kadang jus buah, kadang susu lactose-free, kadang UHT.

Nita said...

@Wichi: eh.. iya bener.. Kemarin yang bikin dokternya menyimpulkan intoleransi juga karena susu uht kalo yang dimasak gapapa. keju yoghurt jg gpp. Jadi, kalo jumlahnya banyak aja dia bermasalah. Iya yah.. diseling2in yah atau diencerin biar masuknya dikit?

Thanks for the enlightenment :)

sushiaddicts said...

hihihi Nita masih ingat... tp dulu gw gak kejam kan sama yunior? :D

evie said...

mbak Nita, samal kenal. Anakku juga Lactose Intolerant dan setelah baca penjelasan DSA-nya Litu, baru sadar rasanya aku dateng ke DSA yang kurang tepat. huhuhu, dia saranin sufor HA, dan pernah kasih AB lantaran Rhinitis Allergy. Kalau boleh, aku mau coba DSA-nya Litu, mbak... Minta infonya ya mbak Nita. Thanks.

Nita said...

@Sushiaddicts: nggak kok Mbak.. cuman jiper aja kalo sekelas bareng :DD

@Evie: Litu ke dr. Yovita di rspi.. Tapi Litu nggak direcomend sufor AH soalnya takut nggak suka sih.. kalo masih agak bayi-an jg mungkin dikasih ya.. Dia lumayan rasional dan nggak ekstrim kok :)

Nita said...

@Sushiaddicts: nggak kok Mbak.. cuman jiper aja kalo sekelas bareng :DD

@Evie: Litu ke dr. Yovita di rspi.. Tapi Litu nggak direcomend sufor AH soalnya takut nggak suka sih.. kalo masih agak bayi-an jg mungkin dikasih ya.. Dia lumayan rasional dan nggak ekstrim kok :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects