#MPASIzilla: All Over Again!

Beberapa bulan sebelum MPASI Amara, mulai nanya-nanya. Ada pakem yang berubah nggak dari jaman Litu? Soalnya 2 tahun kan waktu yang cukup panjang dan bisa terjadi perubahan-perubahan pakem dalam dunia kesehatan. Buktinya Dokter Twit yang dulu nyuruh Litu makan buah dulu (apel/pear nggak dikukus) sekarang berpaling ke beras :p

Kali ini lebih mantap persiapan MPASI karena dapet email dari dokternya Amara yang isinya petuah dan simulasi jadwal. I lopyu! Selain itu juga karena Leija udah kadoin Combi Step Up Cooking Set waktu Amara lahir. Jadi, nggak usah mikir peranti MPASI tinggal hajarr! Makasih yaaa!!


Pertama, beras coklat. Dulu kan ada beras merah, beras putih. Sekarang stick to beras coklat aja terus dan insya Allah sampai dewasa. Karena, kata dr. Y beras coklat lebih oke dari merah dan tentunya putih. Abis beras, langsung butternut squash, kabocha, buncis, alpukat, ayam, pear dan besok pagi mulai oat.

Kenapa di tengah-tengah buah ada ayam/protein? Karena 2 minggu setelah makan kata dr. Y harus mulai makan protein. Terus kenapa abis oat nyempil di akhir bulan ke-6? Soalnya Amara Letitia nggak suka beras coklat. Kalo Lituhayu dulu apa-apa lap lep lap lep, Amara lebih princess dan benci banget sama high chair. Jadi, MPASI Amara lebih menantang daripada Lituhayu.

Untuk Alpukat, suka kesel dehhh.. Udah beli 3 biji dan nyuruh orangnya pilihin. Eh, nggak taunya busuk. Begitu terus berulang kali. Mijn Moeder bilang pilih yang mengkilap dan bunyi koplok-koplok. Mbak Nunung bilang pilih yang bucek dan item. Ah, bingung aku. Yang pasti, ciong lah sama Alpukat. Sampai kemaren tiba-tiba dapet ide. Kalau beli alpukat, suruh pilihin mas-nya terus dibelah langsung disana. Kalo busuk tinteus mau bayar, awas aja lo! Eh, ternyata dengan metode belah di tempat, dua-duanya bagus banget. Nggak jadi deh marah-marah. #PrayForHero #PrayForFoodHall

Untuk Ayam nih masih misteri. Ada bedanya loh beli di pasar sama di supermarket. Di Bintaro itu ada delivery ayam hidup. Jadi dia potong di tempat terus anter ke rumah free. Mantep ya Bintaro *peluk*. Nah, kalau si ayam kampung hidup itu dagingnya keraaas banget dan susah di saring. Kemarin, terpaksa deh keluarin Phillips Hand Blender demi Amara makan ayam dengan jumlah yang proper tanpa ada banyak tangan. Banyak tangan benerrr.. Yang nyaring Mbak Leha, Mbak Ipeh, Akik and Tumbe tapi yang kesaring secimit.  Nah, kalo beli di supermarket entah Ayam Natural atau Ayam Ling Nan, itu dua-duanya empuk dan gampang kesaring. Padahal katanya ayam kampung. Mana yang lebih bagus sih?

Bulan depan mulai pengenalan minyak. Tapi kok Flaxseed Oil Barleans menghilang ya? Di toko organic langganan nggak ada. Di Kemchik nggak ada. Kemaren di Kuala Lumpur nggak nemu. Kalo ada yang liat mau ya dikasih infonya :)


Salam MPASIzilla! :*

8 comments:

lovoberry said...

Mba Nita salam kenal ya... saya silent reader dari lama, hihi.. mau komen tentang ayam kampung ni mba, siapa tau membantu...
Dulu pernah piara ayam kampung, sengaja buat setiap acara tinggal potong sendiri... nah biasanya klo yang sampe keras dan sampe susah disaring itu ayamnya udah terlalu tua mba... dirumah dulu sih gitu... pernah potong yang udah paling tua ternyata alot walaupun di ungkep udah lama banget... semoga membantu...

Nita said...

@lovoberry: oh ketuaan ya belinya? emang udah agak gede sih si ayam. waah makasih yaa infonyaaa.. kecup kecup kecup! :*

justisia pradnya said...

halo mbak nita, saya mita yg dulu pernah tanya via email ttg media ASIP. udh nyoba MAM, dan so far kirana oke nyusu lewat dot ato nenen lgsg. msh terus berdoa semoga tanpa episode bingput. terima kasih banyak y mbak sarannya. februari nanti kirana MPASI, tambah seneng kalo mbak nita nulis ttg MPASI, nambah pengetahuan banget buat persiapan. :D

FransLus said...

Dera Nita, boleh OOT ya. Dr Azen Salim udah ga buka praktek pribadi di sekolah duta ya? Dirimu tau ga ya selain di RSPI beliau praktek pribadi di mana sekarang. Thanks before.

Nita said...

@justisia pradnya: aaahh.. seneng banget kalau bias membantu :) semoga nggak bingput yaa.. iya nih masa MPASI masa menegangkannn :DD

@franslus: iya katanya pindah ke BSD, tapi tepatnya belum tau. mungkin bisa tanya ke RSPI?

Nita said...

tes

Winda Anggraini - nDa said...

Mba nita, boleh minta doikirimi jadwal mpasi nya amara ga
, ke email aku winda.160506@gmail.com ,, soalnya anak ku baru mau mulai mpasi nih, sapa tau bisa jadi byk ide ketika liat jadwalnya amara.. trims mba nitaaa..... *kecup2

Novreng said...

hi mba nita,
salam kenal yah...
seneng baca blognya..suka lucu..
bole ga aku minta menu mpasinya juga...klo bole minta tolong email ke sini babybluee2611@yahoo.com
maap yah mba jadi merepotkan...
makasi banyak...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects