Sapih 2013

Tanggal 10 April nanti, Lituhayu genap 20 bulan. Harusnya 4 bulan lagi ya ASI-nya.. Tapi dengan kondisi sekarang dimana Litu ngempengnya bisa 4-5 jam dan hamil 6 bulan, kayanya bukan kondisi yang ideal untuk menjadi idealist.

Ternyata, for me, menyusui malem untuk toddler lebih susah daripada newborn. Litu nempel senempel-nempelnya dan menyebabkan lecet-lecet lagi. Buat cowok yang kebetulan (apes) baca postingan ini dan mau tau rasanya.. Gini deh. Setiap masuk ruangan ber-ac, ada suatu area sensitif di badan lo yang bagaikan dibelah pedang. Ac doang loh yah. Coba, bayangin pas mandi air dingin :)

Lebih berat lagi ketika liat bapaknya lempeng dan kalem aja nonton video futbol, main basketball fantasy, chatting, atau tidur. Kalau tidur, apa boleh buat lah yah. Tapi kalau hal-hal lain itu loh.. Pengen dikruwes banget deh. Apalagi tadi malem, abis ntn futbol, suruh pindahin Litu dari pinggir tempat tidur kanan ke tengah. Ealah.. Masya Allah, itu lengan bertumpu di nenen aja loh! Keplenet gitu. Asli, mau pecah t*ket. Sumpah deh..!!!!!!!

Baby bun in the oven gimana dengan kondisi hamil dan menyusui? Doin' good! Berat badannya terakhir cek di atas rata-rata. Jadi, ternyata nggak papah loh hamil sambil menyusui, insya Allah.

Kembali ke topik sapih, sekarang waktunya untuk mulai nyapih Lituhayu kesayanganku. Hal pertama yang dilakukan Lituhayu dalam hidupnya ada 3. Bernafas, nangis, nyusu (kemudian boker). Jadi, kebayang kok sayang, susahnya buat kamu :)

Siang Lituhayu udah nggak minum ASIP ataupun nyusu langsung. Malampun, kalau lembur atau pulang malem dia nggak nyariin nenennya. Tapi begitu muke nongol di pintu, doi langsung "Nenenn!!" atau pernah juga "Mamahh.. Mamah ganti baduu.." | "Kenapa?" | *nyengir* "Nenen!!". Hahaha kruwes yaaa..

Beberapa waktu ini mulai hypnosis bahwa "Lituhayu udah gede, nggak nenen lagi. Yang nenen adek ba?" | "Yiii.."

Litu tentu aja gombal, tiap malem tetep sakaw nenen. Tadi malem minta nenen diulangin kan "Lituhayu kan udah gede, nggak nenen lagi kan?" eh, doi marah "Takkk! Tak gede.. Nenen ajaa.. Kicil ajaa" :))))))

Sejauh ini nemu beberapa cara weaning:

  1. Kasih pait-pait.
  2. Ke dukun bayi/ahli sapih. Ini dikasih tau OB. Katanya, nanti ada air didoa-doain terus diusapin ke nenennya. Terus, kalo anaknya haus diminumin air ini.
  3. Mengungsi atau mengungsikan anak ke eyang-eyangnya. Diharapkan 3 hari aja doi lupa sama nenennya.
  4. Weaning With Love, tentu saja. Yang paling ideal. Hari ini nanya-nanya ke para supermoms. Sungguh deh ibu-ibu, kalian semua hebat dan membanggakan deh! Canggih semua.
Kalau boleh optimis sih, nomer 4 mau mulai dijalankan dengan serius malam ini. Hup! Doakan kami!

Boleh ya Litu, mama tidur semaleman penuh selama 2 bulan. Abis itu dua taun ke depan nonstop nggak tidur malem lagi loh..  Yah, sayang yah?

6 comments:

Wichi said...

Semangat Nita! Kalau berhasil share lagi ya. Akupun niatnya mau sapih anakku 17m karena saat ini hamil 14w, yg bikin berat nursing while pregnant krn hrs begadang malem2nya itu loh buat nyusu nonstop.

eh ternyataa susah banget hati ini untuk ikhlas gak mesra2an sambil nen lagi.. lg coba weaning with love tapii krn blm ikhlas jdny ga bisa konsisten, kadang luluh juga sama anak yg kekeuh *sigh* dan emang dianya gahar kalo gw tidur bisa loh dia buka baju dan bra emaknya untuk mendapatkan yg dia mau *belajar dr bapaknya #eh*

skrg lg berdoa semoga dia bisa self weaning krn kykny udh suka stres sendiri dia pas nenen keluarnya udah dikit bgt soalny emaknya udh ga pernah pumping lg dan suka nolak permintaan nenennya.

miss karmia said...

soal dukun bayi itu beneran loh. hihi. aku pun dulu weaningnya pake metode 'didukunin'. baru mempan sama waktu disembur-sembur sama dukun ke 20 kalo ga salah. sama pait-pait, air doa, rayu-rayu pulau kelapa dsb ga mempan. :))

Arman said...

moga2 berhasil ya nyapihnya!!! :D

Nita said...

@wichi: hahaha makasih yaa.. kemaren mau coba weaning, ehh anaknya sakit jadi mundur lagi deh

@Miss Karmia: oh ya? iya nih ob-ku sih sukses ya

@arman: makasihh! Share weaning Emma dongg

Nita said...

tes

Anonymous said...

Wah mbak, dukun bayi OBnya dimana? Mauu dong. Eke udah desperate tandem my 17days baby and my 2y5m son.. :))

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects