Project Rumah: ON!

Hampir setaun tinggal di rumah ini, hampir setaun juga nggak ngisi dan ngoprek rumah. Semua direnggut rutinitas deh judulnya. Terakhir belanja rumah itu di Ikea Damansara dan sampe sekarang barang-barangnya belom diambil di rumah temen (nitip container). Ini sangking malesnya.

Kemudian, Lituhayu sakit dan nggak boleh pake AC terus. Artinya? Kita harus cari kipas angin. Artinya, belanja rumah lagi! Di hari yang sama kita belanja rumah, Sodikin memberi kejutan dengan ngasih bonus berupa.. Rak sepatu! Artinya? Semangat isi rumah lagi! Hiyeeeaaahh!!

Ini dia, hasil pencarian kita:

Tema: Metro Vintage

Langsung bilang ke Tumbe:
Yok, project rumah lagi.
dan di balas

Kalo kamar mandi pake designer mau nggak Gic?

bak orang kaya. Ck ck ck...

Daripada designer kamar mandi, mending manggil konsultan fengshui deh. Ada temen yang udah panggil konsultan untuk di rumahnya. Nggak berapa lama, dari yang udah males di kantor, pindah loh ke perusahaan impian. Katanya, sang konsultan pas liat rumahnya bilang gini "Hmm.. Kamu kurang semangat nih kerjanya. Coba pasang (lupa) disini." Puff! Nggak ada berapa bulan pindah kantor dan jadi semangat kerja! Uwow!

Tau-tau.. Diundang Jotun dan @warnapedia ke talkshow yang topiknya"Smart Solutions for Small Spaces". Eh, bentar deh.. Series kejadian ini emang petunjuk ya buat ngisi dan benerin rumah?

Taun lalu, waktu hamil Litu udah dateng ke talkshow ini dan langsung aplikasikan warna-warna hoki ke rumah (yang waktu itu lagi tahap finishing). Lah, sekarang kok temanya smart solutions for small spaces? Ada yang lebih sempurna nggak sih? Makanya, tanpa babibu.. Di Sabtu pagi, meluncurlah ke "Meet and Greet with Warna Impian Expert Corner". Wihii!

Kalau acara tahun lalu tentang warna dan fengshui, kali ini tentang pengaturan lahan mini. Yang bikin teriak-teriak kegirangan kecil di dalam hati adalah... Talkshownya dalam 2 perspektif! Arsitektur dan Fengshui! Betapa fengshui itu ternyata kiasan dengan dasar arsitektur yah sebenernya. Tentang alasan dibalik fengshui pernah ditulis disini. Ooohh! Aku bahagia!

Sesi pertama dari sudut arsitektur yang dibawakan dengan lugas dan mantap oleh Ary Indra. Di sesi ini, kita semua bengong liat foto-foto rumah yang disajikan. Gila. Keren-keren dan applicable buat kita.

Yang namanya small space pasti hubungannya dengan efisiensi dan fleksibilitas. Punya rumah mini bukan berarti sumpek. Di acara itu kita disuguhi bukti foto bahwa rumah super mini juga bisa terlihat lega dan bagus. Tips-nya kurang lebih: plafon tinggi, banyak bukaan, bermain dengan warna dan tekstur dinding.

Rumah juga harus sehat, makanya sirkulasi udara harus bagus. Dan hubungannya dengan bermain dengan warna, carilah cat yang aman dan berkualitas. Cat yang harus dihindari itu yang mengandung APEO, merkuri, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Oh iya, selain itu, cari yang daya sealant-nya cukup. Karena kalau sealant kurang bagus, bagian rumah jadi lembab dan tumbuh organisme-organisme yang bisa mengganggu kesehatan. Takutnya kan rumah kita jadi sarang bakteri.. Yang berujung ke pemakaian.. an ti bi o tik! Oh noo! (hihi tetep ya emak-emak).

Setelah sesi arsitektur, sesi fengshui dimulai.

Ternyata:
  1. Pintu rumah ngaruh sama sumber rejeki. Harus bersih, tidak ada hambatan masuk, ukurannya tepat dan sedikit berkelok.
  2. Dapur tidak boleh di Barat Laut karena arah Barat Laut itu adalah posisi bapak. Jadi, kalau kita pasang dapur disitu, laki-laki yang menjadi tulang punggung keluarga bisa tidak produktif bekerja atau sakit-sakitan.
  3. Dapur juga tidak boleh di Barat Daya karena Barat Daya itu adalah posisi ibu. Akibatnya, posisi perempuan tertindas dan tertekan. Ih, nehi.
  4. Sekeren-kerennya kompor di island dapur adalah seburuk-buruknya fengshui. Jadi, kompor itu diibaratkan dengan sumber kemakmuran. Kompor harus punya backingan berupa dinding yang kokoh. Kalau island, di tengah-tengah gitu kan api-nya gampang ketiup angin. Begitu juga nanti kemakmuran kita. Untuk dapur baca ini deh.
  5. Meja makan terbaik adalah yang berbentuk bundar. Iyeayyy!!!!! Supaya chi-nya mengalir dan tidak ada 'sudut beracun'.
  6. Headboard tempat tidur harus firm dan solid. Belakangnya juga harus tembok.
Gabungan Arsitektur dan Fengshui:
  1. Pilih arah rumah yang menghadap Utara atau Selatan. Secara arsitektur, Utara dan Selatan adalah arah dimana sinar matahari masuk sepanjang hari. Secara iklim, angin di Indonesia pada 6 bulan pertama mengalirnya dari Utara ke Selatan dan dari Selatan ke Utara pada 6 bulan berikutnya. Jadi, bisa dibayangkan rumah tersebut akan terang dan sirkulasi udaranya bagus. Secara fengshui, memang arah rumah tergantung kua masing-masing penghuni. Tetapi, secara general yang terbaik adalah Utara dan Selatan. #OMGFact: Rumah kita hadap barat. Panasnya kaya mini hell (secara arsitektur). Tapi kita hepi-hepi aja sih dalam kepanasan itu (secara fengshui, berdasarkan perpaduan kua kita, hadap barat udah bener). Jadi? Yess!
  2. Secara arsitektur, rumah itu harus sehat dan bersih. Solusi untuk small space yang paling banyak ditemukan adalah... Bikin tempat tidur yang bawahnya jadi storage. Secara arsitektur gamblang tidak dilarang. Tetapi secara fengshui, maha tidak boleh. Karena, berarti kita nyimpen-nyimpen barang di bawah kasur. Tarohan deh, pasti itu storage dirapiinnya 2 taun sekali aja udah hebat. Lama-lama? Jadi sampah numpuk kan? Debu kan? Jadi, tujuan ruang arsitektur yang sehat dan bersih tidak tercapai kan?
Semoga rumah mini ini jadi homy, sehat dan bawa rejeki. Untuk itu, mari kita taro foto dulu!




Next project: perbaiki sirkulasi angin (untuk mengurangi panas) dengan perbaiki jendela yang tipsnya bisa dilihat di sini

Aaaahh... Thank you ya undangannya Jotun, Warna Impian dan Femaledaily.

7 comments:

ita said...

abis baca blognya petitepoppies, ini postingan yg ditunggu2 dehh.. :p

tanya dong mba nittt :
1. klo sblm masuk pintu rumah, di terasnya ada pilar2 gitu, trmasuk hambatan masuk ga?? scara template dr developer, 1 komplek gitu smua..
2-3. dapur di utara, ngarah ke timur laut.. aman! :D
ta, ta, tapii.. lante 2nya kamar tidurr.. :'( kek mano ini??
4. kompornya ga island sii, tapi ga nempel dinding jugaa.. piyee?? :(
5. blom beli.. :p noted!! :D
6. aman :D
rumahnya sndiri ngadep utara.. aman! :D

hihi, panjang kali komenkuu.. bak curhat sama pakar fengshuii.. :p
trimikisiii.. :D

Nita said...

@ita: kita patungan manggil ahli fengsui aja gimana? hihihi

eh tapi ya, tentang si pilar.. biasanya developer udah terapin fengshui juga sih di rumah2nya.. supaya cepet laku. :)))

Nadiaswp said...

nit rumah (emak) gue juga ngadep barat.. dan kamar gue di lantai atas passs ikutan ngadep barat juga.. senang ya pake AC 2 pk juga masih empot2an kalo siang.. hahahahikssss

Nita said...

@Nay: hahahaah mayan yaaa listriknyaaa

didi said...

hahaha akhirnya dapet juga pus si kipas angin sama jam.. seru ya project rumah :)

Bunny Cat said...

kalo kompornya pake listrik gimana donggg kan ga ada apinya *pembelaan karena kompor gue ada di island*

Nita said...

@didi: iya Di akhirnya hihihi
@bunny: hihihi mungkin selain api juga wajan kalau belakangnya nggak solid, kesenggol tumpah kedepan. Heheheh. Mungkin yaaa.. Tapi beginian emang sugesti sih ya :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects