Bento Class!

Lituhayu taun depan ssekolah. Right timing. Pas 2 tahun, antri sekolah dapetnya September 2013 dan.. pas insya Allah adiknya lahir. Pengennya sih, cuti 3 bulan itu bisa anter Mbak Litu ke sekolah. I'll do my best deh pokoknya supaya Lituhayu menjadi numero uno. 

Kapan ya, bisa nggak usah ngantor? Hehehe..

Dulu waktu kecil (and being old soul) suka baca-baca betapa suami/anak terharu kalo di lunch boxnya ada note. Pengen suatu hari bisa bikin note note begitu. Tapi setelah bersuami, kayanya kok tacky ya heheheheh. Tapi untuk anak enggak lah ya.. Apalagi anaknya perempuan. Mustinya nggak usah ngumpet-ngumpet ya, dapet note "I love you sayang" dari mamanya. Apalagi kalo nasinya bentuk Hello Kitty :D

Terus, beberapa taun belakangan Bento semakin rame dibicarakan. Sampai sekarang pingin ajak Maritza dan Aqil makan Bento di resto Jepang aja nggak kesampean. All I wanna see is actually their happy faces. Rebutan makan kuping, idung dan tau-tau abis. Aaaa...

Ternyata belom kesampean ajak makan Bento bukan berarti rencana Mimi Nita gagal ajak ngebento. Minggu lalu Mommiesdaily bikin Bento Class! Langsung email, nanya "Mbak, boleh nggak sih ajak anak usia 6 tahun? Keponakan saya pengen ikutan kelasnya nih" Dan boleh! Iyeeeyy! Akhirnya setelah negosiasi alot karena Maritza harus terlambat/bolos kelas balet, jadi deh kita (me, Mbak Ninit dan Maritza) ke headquarter Mommiesdaily untuk belajar membuat Bento. Girl Power!!!

Diawali dengan penjelasan mengenai gizi. Ih, aku terpana loh. Emang paling nggak bisa deh diajak yang berbau-bau makanan, kesehatan, nutrisi dan dokter. Ternapsu! Ternyata yah, untuk asupan kalori anak 6 tahun selama jam sekolah itu membutuhkan 600kcal. Yang mana, ternyata cara hitungnya bisa dari kotak makan! Jadi, ambil kotak makan ibu-ibu.. Isi air.. Lalu ukur di gelas ukur. Bisa menampung berapa cc air yang dari kotak makan itu? Kalau 500 cc berarti dengan asumsi isinya makanan seimbang dan habis, anak kita udah makan 500 kcal! Seru kan?

Mengenai isi dari kotak makan itu, ya harus diperhatikan juga sih keseimbangannya. Dikarenakan piramida makanan udah nggak happening lagi dan yang digalakkan sekarang makanan seimbang, yuk cek ke http://www.choosemyplate.gov/ (dan terperangah bersama). Pemilihan karbohidrat juga harus dipikirin ya ternyata. Usahakan selalu kasih karbohidrat kompleks karena berpengaruh ke durabilitas energi. Ini yang harus kita bina dari keluarga kecil kita untuk menjadi bangsa yang hebat dan kuat.

Btw, dari pemaparan Frisian Flag Indonesia pencapaian target kalori untuk anak nggak gampang loh. Asli. Kalo anaknya lagi GTM bisa berabe tuh urusan.Tapi, bisa diakalin dengan makanan seru-seru dan enak-enak.
 
Gini, gini.. Untuk sehari anak kurang lebih butuh 1200kcal. Coba ya, kita bagi 3x makan dan 2x snack (itupun kalo beruntung anaknya lagi mau makan) adalah: 350kcal per makan dan 75kcal per snack. 350 kcal itu bisa terdiri dari: nasi 100kcal, 1 potong protein 100kcal, sayur 75kcal. Total: 275kcal. Dengan catatan, nasinya harus semangkuk loh.. Semangkuk ukuran dewasa. Kalo nggak abis? Ya turun lagi nilai kalori-nya. Sisanya gimana? Makanya, pilihlah yang kalorinya gede-gede. Jadi sekali hap, langsung dapet banyak tanpa kewalahan makan sebakul. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah susu. Kalori susu selalu tertera di kemasannya, jadi kita gampang lah ya menakarnya.
 
Eh, tadi udah berapa kalori? 275kcal ya.. Dengan catatan nasinya habis. Kalau ditambah susu UHT yang kalorinya 150kcal lewat dong target permakannya :) Selain itu, kandungan gizi dari susu juga kan bisa untuk tambal sulam rancangan menu yang sudah kita rancang-rancang (tapi ternyata anaknya males makan hehehe). Untuk snacknya apa? Sebisa mungkin yang sehat lah ya. Gimana kalo Blueberry Muffin 

Tuhkan.. Ngelantur nutrisinya kebanyakan. It's Bento time! 

Ternyata bikin bento gampang. Sumpah. Cuman nasi, dikepel kepel, teken-teken, cetak telur, potong nori, tempel tempel. Hupla!

Kelas kali ini pilihannya seru. Ada Angry Bird, Doraemon, Pikachu, Spiderman, Hello Kitty, Teddy Bear dll. Seru banget! Untuk Lituhayu di rumah, kita bikin.. Teddy Bear dan Angry Bird. Hore!

Untuk warna-warna nasi, ternyata sehat juga yah. Kuning pake kabocha, ijo pake kacang polong. Itu berarti nyelipin serat ke grain dong ya? Perrrfect.. :D

Habis diajarin cara bikin bento (yang keliatannya mudah) (tapi ternyata nggak semudah itu untuk jadi rapi, tapi kalo nggak perfeksionis sih okelah) , kita mulai Dikasih waktu 30 menit untuk ngebento.. Sekelas heboh. Lari-lari ambil nasi. Balik lagi ambil alis. Lari lagi ambil mata. Cetak cetak telur dadar. Strawberry mana strawberry? Brokoli mana nih?? Telur puyuuuuh.. Hahahaha semua ibu-ibu antusias karena 3 bento terbaik hari itu akan dapat bento tools dari My Meal Box. Ihiy!
 
Di tengah hiruk pikuk cari2 alis, mata, kumis.. Eh ada tangan ngambil mata Doraemon. Ih, kok sama sih? Nggak pake pinset? Pas diliat siapa orangnya.. Yaaaahh.. MoneyPenny alias Mbak Ninitttt... Hahahahaha! Jangan ditiru ya ibu-ibu. Estetika penting tapi higienitas lebih penting :)))))

Ini bento Litu dengan tema: Angry Bird dan Teddy Bear sesak napas:


 
 
Sementara ini bento duet maut MoneyPenny dan Mbak Maritza dengan tema: Doraemon merayakan Halloween :)))))

 

Eh, ini bangga abis loh sama Bento bikinan sendiri. Selain upload fotonya di sini  dengan pengharapan menang salah satu dari 3 Galaxy Tab 10.1, juga dipamerin melalui Profile Picture BB, Twitter, Path dan kirim foto ke Ibu Mertua. Bahahahahaha. Senang!
 
Ternyata di Path dan Twitter ada beberapa respon macem2. Dari yang nyangka merambah bisnis bento sampe buka kelas bento. Yah ampun.. Buat yang nanya dan pengen ikut kelas berikutnya ada loh 1 Desember di Mommiesdaily jam 10 pagi. Biayanya 25ribu aja. Dapet apa aja? Dapet bento buatan sendiri, kotak bento, susu Frisian Flag 1 liter 2 biji, UHT ukuran kecil dan tentunya kesempatan beli UHT dengan harga murah :DDD
 
 Besoknya nanya Maritza, kemaren seneng nggak bikin Bento? Dijawab dengan teriak (karena lagi hobi teriak) "SENEEENNGGG!!" Menyenangkan! Menyenangkan!
 
Sepulang dari Mommiesdaily headquarter, langkah jadi ringan tapi mantap. Gee.. I just made my first Bento for God sake! Keren abis! Bekal sekolah? Goodie Bag ulang tahun kedua? Bring it ON!

7 comments:

Anonymous said...

wah seru bgt mbakk..aku jadi pengen daftar juga nih..

selama ini bekel anak kurang menarik soalnya hihihi

Sinta said...

Seru juga yah Nit, apalagi kalo Litu nanti udah agak gedean bisa ngebento bareng hehehe.

Anonymous said...

Lucu yaaa nit.. Kebayang si Tristan kalo dibekelin gitu disekolah, dimakan apa dimainin sama dia ntar hihiih..
btw litu di daftarin dimana, kok mesti didaftarin dr sekarang buat taun depan
?

Cheers,
Missdesaire

Nita said...

@Anonymous: yuk yuk.. Masih besok kok

@Sinta: Iya ih, seru yaa

@Ayya: Iyaa seru yaa nanti makan spiderman hahahah. Litu antri sunflower Ya. Tristan dimana?

Ninit said...

Knp giliran yg gk higienis2 nama gw tersebut dengan J E L A S :S (kan udh di lap pake wet tissue m*tu heheh)

Nita said...

@Mbak Ninit: contoh tidak baik hihihihi :))))

Nita said...

tes

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects