Kisah Sekolah

December ini my lady valentine a.k.a Maicha akan pulang for good ke Jakarta. Kemarin eyang-nya dengan semangat cerita tentang proses pencarian sekolah. Aha! Saat yang tepat untuk membahas kisah sekolahku dulu! Semoga bisa dijadikan pertimbangan dalam memberikan keputusan bagi, at least, kakak-kakakku. :)

Dari SD, SMP sampe SMA, sekolah di sekolah negeri pinggiran Jakarta. Kalau kata Tumbelina yang lulusan Pang*di Luhu* disebut sebagai: anak digit. Digit-nya juga bukan digit2 keren, tapi digit krukut hihihi.

TK

Pernah sekolah TK di Bali dan TK di deket rumah di Jakarta. Waktu di Bali adalah masa ter-gloomy. Efeknya? Rewel setengah mati. Begitu bel bunyi langsung lari ke pelukan Mijn Moeder. Di kelas musti liat muka Mijn Moeder. Dan tentunya harus selalu nangis. Insecure parah. Setiap hari berangkat sekolah pasti hati sedih apalagi si tas sekolah ujungnya tajem dan selalu kena betis (naik apa lupa, tapi yang pasti selalu ada adegan disebrangin Polwan yang cantik pake lipstik merah/pink). Pokoknya masa tersedih. Untung cuman setahun dan kembali ke Jakarta. Di TK Jakarta ini, sontak insecurity hilang. Kalo diintipin Mijn Moeder malah jadi malu. Hihi belagu. Dan, sementara temen2 masih belajar huruf, daku sudah lancar membaca (tanpa mengulang pelajaran di rumah) :D

Moral of the Story: Bahwa faktor psikologis memegang peranan penting dalam perkembangan anak. Seriously serious.

SD

Berjalan muluslah. Nggak pernah ranking 1,2,3,4,5,6 siiih. Hahahah. Paling 8,9, 10, 11. Kasian deh yee. Nothing too serious, cuman biasalah penyakit sekolah banyak murid, kurang tergali potensi dan kemampuan presentasi minim.

SMP

Nah, ini yang paling seru nih. *angkat jempol!*

  1. Dituduh Lesbian sama Ibu Wakil Kepsek. Mantaaaapppp....! Gara2 terlalu ikrib sama temen-temen cewek. Lah gimana sik? Sampai2 di kelas nggak boleh duduk sebangku sama temen perempuan. Kalo ketauan dimarahin. Buset deh tuh guru. Coba kalo anak yg dituduh lesbiola itu sedikit lebih perasa. Bu Wakepsek mau tanggung jawab apa kalau: (i) si anak stress trus jadi lesbi beneran; (ii) si anak mogok sekolah; (iii) si anak jadi super rebel. Sengaja nggak ngadu ke Mijn Moeder tentang ini. Karena percayalah, Ibu Gua bisa jadi Buto Ijo itu dateng ke sekolah ngamuk2. Hihihi. Pas diceritain selepas SMA tentang ini aja doi geram luar biasa dan bilang "Kok Ibu itu baik banget sama Mama ya?" Ya eyaaa lah Mahh. Dia kan suka minta sumbangan dan oleh2 doaaangg! Lucky, I'm an outgoing. Plus I don't listen shits. Si guru nggak aja tau kalo ogut....

  2. Pacaran sama si kakak kelas berambut gondrong idola cewek-cewek yang tiba-tiba jadi pengamen Metro Mini selulus SMP! Gila deh coba kalo dulu itu pacarannya sedikit lebih lama, hormon sedikit lebih bergejolak, dia sedikit lebih nakal dan si tertuduh lesbiola ini penasaran. Wakwawwww... *tutup mata*

  3. Dituduh Narkobus. Kali ini oleh guru olah raga yang super galak. Gara-gara perawakan kurus dan males ikut kelas olah raga kali yah. Buset Pak! Yang boneng lah. Jadi ceritanya dulu jadi Ketua Seksi Kreatif dan lg bikin Mading tentang narkoba. Karena emang di SMP itu mayoritas cowo2nya pada narkobus sih. Nah, analitis dan kritis dong tuh yaaa gueee... Narasumberpun diambil yang paling okelah... Guru Olah Raga merangkap Pembimbing OSIS. Abis interview doi ngajak ngomong "Puspita... makanya kamu kalo bisa sedikit demi sedikit dikurangilah madatnya, nanti pasti bisa lepas." Wakakakakka. Bapakkk.. Lu lucu benerrrr.

  4. Gara-gara predikat Lesbi dan Narkobus, yang tadinya udah jadi nominasi calon Ketua OSIS dan udah nyiapin program2 serta foto terciamik untuk dipajang di Mading (dibantuin Mama Ninit) ehhhh.. untuk taun itu ditiadakan aja loh pemilihan Ketua OSIS. Hahahhaha. Sungguh pembunuhan bakat!

SMA

SMA di sekolah pendamping unggulan yang lagi-lagi deket rumah. Nggak ada yang terlalu spesial sih. Senengnya sekolah di sekolah negeri terasa banget. Beberapa kali kritis terancam tidak naik kelas! Ya eyalahhh.. Lah wong cabut pelajaran matematik kok ngga terasa bisa sampe setaun. Hihihi. Nilai flying colours deh. Kamsudnya nilainya berloncatan merah2nya hahaha. Bisa merah 5 biji or 6 biji. Tapi Bapak Gua tetap menepuk bangga bahuku seraya berujar "Kok sama kayak Bapaknya?" Hahaha. Emang doa Mijn Moeder kuat banget deh. *cium kaki mami*

Moral of the Story: Serius deh. Perlu pertimbangan super matang dan super serius dalam milih sekolah. The above mentioned does not affect me at all. Tapi tdk bisa dipungkiri, patut dipertimbangkan:

  • Pemilihan lingkungan yang tepat. Paling nggak kalo pacaran dan jadinya kawin, jangan sampe lah suami anak-anak kalian kawin sama orang kurang jelas. Yah.. mau gimanapun juga namanya juga masa puber cing! Semakin dilarang semakin menjadi! Untung dulu pacarku itu bau ketek jadi kuputusin. Coba kalo nggak? Pusing kan?

  • Cari sekolah yang guru-nya bener lah. Hihi. Kalo cuman guru kentut di kelas doang trus pamer mah gpp lah... (disadur dari kisah sekolah Tumbe yg paling parah -_- ). Paling nggak cari sekolah yang gurunya normal deh, sukur-sukur ngerti psikologi.

  • Cari sekolah yang emang mau tau bakat anak. Dulu waktu SMP, pelajaran matematika dan elektro-ku selalu privat loh. Di ruang guru. Soalnya dulu *ahem* kalo ngerjain suka kecepetan *ahem*. Tapi nggak terasah juga tuh minatku di matematika dan elektro. Coba kalo mereka lebih sensitif.. Mungkin ga perlu nonton kerusuhan Advokat kemarin *curhat.

Sekian kisah Mimi Nita :)

Oh iya, just a thought on sekolah2 mahal dengan Bahasa Pengantar Inggris. Kalo harganya unreasonable mendingan cari alternatif lain deh. Soalnya, nggak sedikit guru-guru sekolah macam begitu yang Bahasa Inggrisnya parah. Baik guru TK, SD, SMP maupun SMA. Gondok ga sih udah mahal tp kurang oye? Mending les-in di native speaker deh :D

0 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects