#MPASIzilla: Baby Led Weaning

Sweet Potato Fries + Brocolli Scrambled Egg

Sebagai a true #MPASIzilla, rasanya kurang sahih kalau belum ada perdebatan batin mengenai metode konvensional atau Baby Led Weaning. Konvensional atau BLW? BLW atau Konvensional?

BLW itu ituloh, yang membiarkan bayi makan sendiri dari pertama makan. Canggih yah? Jadi walaupun masuknya cuma seiprit-seiprit karena sisanya ada di jidat, tray, lantai atau ketiganya, kan yang diperlukan emang sedikit. Lagian MPASI kan pendamping sifatnya. Yang utama tetap ASI/Susu. BLW bisa melatih kordinasi mata dan tangan serta motorik bayi loh. Juga bisa (kemungkinan) menangkal picky eater.

Tapi, perdebatan Konvensional v. BLW ini nggak terlalu bikin galau. Soalnya, di jadwal kombinasi perdana yang dipaparkan ke dr. Yovita, doi [dengan dingin] merespons: "BLW ya? Kalau menurut saya, untuk bayi 6.5 bulan masih terlalu muda untuk BLW. Apalagi ini.. Kabocha ya? Hmm.. Kalau mau dicoba nanti aja ya dan harus diawasi." Pernah juga denger cerita ada anak keselek dan mengakibatkan oksigen ke otaknya berhenti beberapa lama. Anaknya selamat sih. Tapi kayaknya jadi agak 'berbeda'. Not a risk taker, I took the conventional way.

"Lebih banyak manfaatnya atau mudharatnya?" itu pertanyaan yang sering dipertanyakan kepada diri sendiri. Kenalin Tomat ("Lebih banyak manfaat atau mudharat?"| "Lituhayu butuh zat besi dan tomat boost besi yang ada di daging. Tapi dese anaknya alergian.. Terakhir dicobain pipinya merah semua. Besi atau rash? Besi!"). Kenalin Telur ("Banyakan manfaat atau mudharat?"|"Telur mengandung omega 3 dan sumber protein yang bagus sih. Tapi terakhir makan telur dese diare hampir sebulan. Toh ada flaxseed, ayam dan daging? Tunda!"). Kenalin Salmon ("Banyakan manfaat atau mudharatnya?" | "Salmonnn gitu lohh.. Semua bunda juga menghamba sama ikan ini. Biar anaknya pinterrr.. Tapi, Lituhayu terakhir makan salmon bisulnya 9 biji di kepala dan geda-geda. Tapii biar anak pinter.. Tapii.. kita bisulan 1 aja sakit bener, apalagi dese yang belum bisa ngomong? Kan ada Canola Oil dan Flaxseed (lagi). Tunda deh." Kurang lebih begitu perdebatan batin MPASIZilla setiap ada hal baru. Nah, untuk BLW ini kayanya nggak terlalu pede untuk ambil resiko. Toh, untuk masalah kordinasi bisa pakai mainan yang lain? Pada saatnyapun Lituhayu pasti makan finger food sendiri kan?

Ternyata, di umur 7-8 bulan Lituhayu bisa masukkin sendok ke mulutnya sendiri. Yang artinya untuk masalah kordinasi dan motorik terpecahkan. Umur 8 bulanan Lituhayu dengan sendirinya tanpa diprakarsai mungutin makanannya sendiri (dan benda2 lain -_-' untuk dimasukkin mulutnya). BLW dong? Yeayyy!


"Ada yang lebih seru?" ujar Cicuhayu

Eh iya, Sekarang lagi seneng-senengnya bikin biskuit dulu sebelum ngantor. Sangking gampangnya bisa dikerjain sebelom ngantor! Bikin 2 jenis, versi lembek dan keras. Ternyata doi lebih suka yang keras karena bunyi bunyi kalo dimakan..

Biskuit Keras
Bahan:
  • Tepung Terigu 2 sendok makan
  • Kismis segenggam, rendem air panas, cincang
  • Kuning Telur
  • Keju sesukanya
  • Butter 2 sendok makan dalam suhu ruang. Kalo mau cepet, defrost aja 5 menitan pake oven.
Caranya:
  • Campur semua jadi satu, bikin ceplok-ceplok di loyang, oven 175'c selama 20 menit atau sampai warna kekuningan.
Biskuit Lembek

Bahan:
  • Oatmeal 2 sendok makan di blender sampe jadi tepung
  • Applesauce (apel direbus sampai lembek pakein juga kayumanis biar seru)/pear sauce/pisang
  • Butter
Caranya:
  • Sama seperti di atas. Oven 175'c selama 20 menit

Adalagi sih resep teething biscuit tersimple dan gampang di dunia, tapi belom dicoba.
Teething Biscuit

Bahan:
  • 1 lembar roti gandum
Caranya:
  • Penyetin roti sampai pipih, gulung seperti menggulung anduk, ikat/tusuk pake tusuk gigi.
  • Microwave 5 menit. Microwave yah jangan oven supaya jadi sekeras batu :)

Xoxo,
MPASIzilla

4 comments:

anggi said...

aiih makin canggih mamanya litu ini..

ak contek yah resepnya..

sering" posting resep yg gampang yaaah..

sehat" terus semua

Nita said...

@anggi hihii silahkaann.. pasti gampang resepnya soalnya kemampuan masak minim :)) amiin.. thanks yaa :*

marliyans said...

bikin biskuitnya bisa pake hepikol gak nih mbak?

Sasa said...

Nit, selama ini silent reader aja.. Br mo komen setelah sering posting resep2 MPASI, hehehe.. Btw, terigu yg dipake terigu merk apa ya? Bebas aja ato gimana? Apa sih bhn dasar terigu? Gandum bkn? Jadi kl udh pengenalan roti gandung ato wheat flour, udah bolehkah pake terigu? Pengen bikin cookies sendiri nih.. Sempet bikin tp terigu diganti oat diblender, hasilnya ga mantep buat dipegang..Ancur2 di tangan, ga ada yg kemakan juga.. Thx ya nit.. Sering2 posting resep aneh2, huehehehe

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects