#MPASIzilla: Pasta Carbonara with Spinach

Kemarin ini di Twitter heboh tentang anjuran IDAI terbaru bahwa "Hey.. MPASI instan itu oke kok.. Bahkan rekomendasi-nya 2x instan dan 1x home made!" Yang tentunya disambut dengan koor para ibu-ibu protes. Banyak yang ngedumel dan no mention. Dokter Anak Twitter juga kaya terbelah dua gitu tapi tentunya nggak terang-terangan.

Jadi, (ini pure sepemahaman orang awam yah) untuk makanan itu kan ada yang namanya Makronutrien dan Mikronutrien. Si Makro ini maksudnya protein, lemak, karbo. Nah, buat ibu-ibu pembuat jadwal (seperti eke) ini bisa banget dikontrol. Jadi sehari proteinnya 3 begini, karbonya yang itu, lemaknya begitu. Yang susah mungkin si Mikronutrien yang kurang lebih besi, zinc, mineral dll. Walau kita selalu bisa research bayam itu mengandung apa aja atau besi yang dikatakan mencukupi kebutuhan itu ada di berapa gram daging, tapi keakuratannya mungkin blm begitu terjamin ya. Nah, makanya IDAI mungkin merekomendasikan MPASI instan. My choice? Cari yang nggak instan-instan amat. Jadi berkelana-lah ke Grand Lucky, KemChik, Ranch Market untuk mencari oat buat bayi, pasta buat bayi, beras buat bayi. Nggak langsung jadi setelah diseduh kok. Sama aja musti di olah dulu dan kemudian tambahin deh segala home made yg dimau. Intinya sih, jangan suka pake kacamata kuda ah :D

Mungkinnn loh yaa.. Just my two cents.

Now, back to Lituhayu. Wiken kemarin susternya cuti. Saatnya Lituhayu masuk ketek Papa dan Mamanya 100%. Dengan tiga bisul besar di kepala-nya, Litu siap menaklukkan Bintaro! Apalagi dengan menginapnya Mbak Maritza dan Adek Aqil.. Heiiiboohh : ))))

Selama wiken, lunch-nya makan Pasta Carbonara with Spinach :)) asik yah.. Bak bule :p

Ingredients:


  • 1 sendok teh extra light olive oil untuk menumis
  • 1 sendok teh extra virgin olive oil untuk dibubuhkan di pasta yang sudah ditiriskan
  • sekiprit bawang putih
  • 1 sendok makan ayam/daging dicincang
  • 2 cube Laughing Cow Cheese Spread
  • 2 ice cube kaldu ayam
  • bayam well chopped
    How:
  • rebus pasta 3-5 menit, tiriskan, sisihkan, siram dengan 1 sendok teh extra virgin olive oil. Beda yah sama yang buat numis. Kalo untuk di masak pakai extra light, kalau ditaburin di makanan (untuk nambah kalori makanan) pake extra virgin :D #MPASIzilla
  • Tumis bawang putih, masukkin daging/ayam yang udah di cincang, cemplungin 2 cube kaldu. Tunggu sampai mateng.
  • Cemplungin deh bayam yang udah diiris halus. Masukkin keju dan biarin meleleh.
  • Colek sisa saos di penggorengan. Enak kan? :)))
#MPASIzilla note:
Olive oil menurut @dokteranakkita banyak mengandung asam lemak esensial, cikal bakal AA dan DHA. Pembubuhan extra virgin olive oil baik untuk menambah kalori makanan.

Bawang putih, bukan bawang merah. Karena bawang merah menghambat penyerapan zat besi.

Bayam. Bayam dan teman-temannya seperti brokoli, wortel, bit bisa mengakibatkan food poisoning berupa Blue Baby Syndrome tapi pack with nutrients. Blue Baby Syndrome disebabkan karena nitrat yang mengikat oksigen di darah sehingga bayi membiru. Very rare, tapi tetep aja denger kata poisoning aja males kan yah.. Jadi kalau kukus sayuran, airnya jangan pernah dipake karena nitrat banyaknya di situ. So long as the baby's fine, hajarr!

Kaldu ayam. Beku. Bikinnya seminggu sekali. Sempet gundah apakah metode ini tepat atau nggak karena kok nggak fresh sih ya? Apa mending potong ayam sepotong trs dibikin kaldu saat itu juga? Kemudian dr. Yovita tersenyum kecil "Frozen stock? Kalo lemak kan nggak berkurang ya.. Walau dibekuin". Ooo jadi lemak ya.. Ooo.. Ya ya ya.

Pasta. 9 bulan. Belajar mengunyah.

So, how is she taking Momma's recipe? Super like! :D

11 comments:

Marliyans.blogspot.com said...

Wow, baru tau bawang merah mengganggu penyerapan zat besi, selama ini bikin makanan bocah selalu mengandalkan si duo bawang ituu, thank u pencerahannya buuu..:)

ndt xray said...

bayam ya pasti enak banget deh

Nita said...

@Marliyans: hihih ini juga karena follow2 para dokter di twitter kok. Jadi ke akuratannya masih subjektif yaa :)

@ndt xray: yum!

Shintano said...

Nit kalau kaldu itu harus difreeze di freezer kah atau di chiller aja gapapa? asa ribet ya kalau di freezer, trus turunin lagi ke chiller, baru diangetin.

terus kalau abis dari kulkas itu kaldu boleh dimasak lagi ga sih? misal buat masak oat instead of pakai air pakai kaldu gitu. jadi kaldunya 2x masak. haha nanyanya ma lo si Mpazilla..

Nita said...

@Shintano: kalo gue sih di freezer Shin. Kalo mau perlakukan kayak kita malem2 nurunin asip aja kali yah? Tapi aku MPASIzilla gadungan, jadi langsung cemplungin berupa es hahahahaha. Kalo 2x masak kayanya gpp deh. Biasanya bikin oat pake biasa, pas udah mau selesai masukkin kaldu :D

Bimi said...

Nita mama cihuy.. Mau tanya doong. Litu mpasi awal knp ga pake gasol? Brarti buat bubur beras sndiri ya? Waaah kereeeen.. Susah ga sih cara buatnya? Lg persiapan mpasi anakku yg tinggal 2bln lg nih..Thx yaa,u're one of my mpasi guide book :)

Ps: Maap yaa nanyanya hrsnya di post yg sblm2nya.. :)

mila said...

Hi Nita... baru pertama blogwalking ke sini n langsung tertarik utk komen :)

thx infonya soal bawang merah ya, aku abis ini jg mo browsing soal itu.

Mo menambahkan, susu dan produk turunannya jg menghalangi penyerapan zat besi. Selain itu, zat besi akan mudah diserap jika dikombinasikan dengan vit C. Misalnya daging + tomat, daging + jeruk lemon.

oya, nanya dong, dr Yovita skrg praktek dmn? ini dr Yovita yg dl praktek di RS Puri Indah bukan ya?
Tengkyu...

Nita said...

@Bimi: Hihihi.. Soalnya ada beberapa bayi yang ternyata alergi gasol. sebenernya sih gpp kalo mau dicobain tapi kalo masih bisa diusahakan kenapa enggak hehe. Gampang banget kok, tinggal beras 1 sendok ditambah air yang banyak, rebus sampe nanti lembek (agak lama emang) trs abis itu diplenyet2 deh saring :D Lituhayu kebiasaan beras beneran waktu darurat dikasih gasol agak kurang berselera gitu makannya :))) Terus alasan lain yang amsih super debatable, tapi aku cemen jadinya cari aman aja, adalah katanya beras yang ditumbuk duluan kadar indeks glikemik-nya naik. masih sama kayak perdebatan bagusan makan buah langsung daripada di jus. Ini sih analisa sok tau aja yah :))

@Mila: hello fella MPASIzilla :) iyah tentang si vit c dan iron. Tapi sayangnya, tomat belum dikenalin ke anakku karena masih 9 bulan. Hmm pasti enak yah bolognese :D

Nita said...

@Mila: oh iya, dr. yovita praktek di RS Pondok Indah :D

Nita said...

test

Tiva said...
This comment has been removed by the author.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
The disclose diary of mine © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects